Selasa, 18 November 2014
PENGANTAR BISNIS
1. Mengapa manajemen
pemasaran sering di sebut sebagai manajemen permintaan?
Manajemen pemasaran
adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi. Manajemen pemasaran adalah
kegiatan pemasaran yang direncanakan dengan baik, diorganisasikan,
dikoordinasikan serta diawasi akan membuahkan hasil yang memuaskan oleh karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2. Apa beda kebutuhan
dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran? Jelaskan pendapatan saudara
min 50 kata
Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam
aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha.Pada
dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi
kebutuhan.Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Selama hidup
manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.Seperti:Makanan,Pakaian,Perumahan,
Pendidikan,dan Kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan,
waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin
tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia
sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan
tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau
kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus
ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang
sejahtera.
Keinginan adalah segala sesuatu yang
dibutuhkan oleh seseorang, dan apabila tidak terpenuhi tidak mempengaruhi
kehidupan orang tersebut.keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang
diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun
bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
3. Jelaskan dengan singkat apa beda pasar dan pemasaran?
Pasar adalah tempat
pertemuan antara penjualan dan pembeli, atau lebih jelasnya daerah, tempat,
wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling
bertemu dan membentuk harga. Pasar dikatakannya merupakan orang orang yang
mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanjadan kemampuan untuk
membelanjakannya.
Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan
manusia. Pemasaran adalah salah satu
kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang
atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Pemasaran adalah kegiatan
manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
4. Sebutkan dan
jelaskan apa yang di maksud dengan bauran pemasaran (marketing mix)?
Bauran pemasaran merupakan
kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain.
Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran di dukung oleh keberhasilan dalam
memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik dan
promosi yang efektif. Empat kebijakan pemasaran yang sering di sebut konsep
empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut adalah produk (product),
harga (price), saluran distribusi (place) dan promosi (promotion). Untuk
mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung,
sehingga keberhasilan di bidang pemasaran di harapkan diikuti oleh kepuasan
konsumen.
Bauran pemasaran merupakan suatu kerangka kerja yang
membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk setiap pasar. Bauran pemasaran merupakan suatu
kumpulan variabel yang dapat dikontrol yang ditawarkan kepada (dan
mempengaruhi) pelanggan. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk/jasa itu
sendiri, ketersediaannya, imagenya (cara promosinya), dan harga yang
harus dibayar untuk mendapatkannya. Variabel-variabel tersebut
merupakan sejumlah unsur (4P)
dimana seorang manajer pemasaran harus membaurkannya secara bersama-sama dalam
mengoptimalkan sejumlah sumber daya yang terbatas. Pada tahun 1960, Jerome McCarthy memperkenalkan konsep
4P kepada dunia. Sejak itu, para
manajer pemasaran di seluruh dunia menjadi terbiasa dengan 4P (product, price, place, and promotion). Selain 4P ada pendekatan-pendekatan lain
untuk bauran (khususnya bauran jasa/7P). Namun di sini kita hanya akan membahas
secara singkat setiap unsur dari 4P tersebut.
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)